Agus Taher Terbitkan Buku “Perjalanan Panjang Musik Minang Modern”

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Agus Taher Terbitkan Buku “Perjalanan Panjang Musik Minang Modern”

AGUS TAHER
Selasa, 04 Februari 2020

Bertolak dari pemikiran agar kelak generasi muda Minang tak kehilangan sejarah, ahli pertanian Dr. Ir. Agusli Taher yang lebih dikenal sebagai komponis dan produser musik lagu-lagu Minang menulis buku berjudul: Perjalanan Panjang Musik Minang Modern.

“Insyaallah dalam waktu dekat buku ini akan segera diluncurkan karena kini sedang dalam proses cetak di Jakarta,” jelas musisi yang lebih dikenal dengan nama Agus Taher ketika dihubungi lewat telepon selulernya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, penulisan buku tersebut telah mulai dikerjakannya sejak tahun 1999 dengan mewawancarai sejumlah pionir pengembangan musik Minang moderen. Diantaranya Asbon Madjid (Alm), Nuskan Syarif dan beberapa musisi lainnya.

“Orang yang pertama saya temui adalah Asbon Madjid karena beliau merupakan salah seorang pionir dan musisi dalam perkembangan musik Minang moderen yang melegenda bersama Orkes Gumarang,” tutur Agus.

Buku yang ditulis Agus Taher tersebut berisi sejarah dan perkembangan musik Minang moderen sejak pertama kali dipopulerkan oleh Orkes Gumarang pada dekade 50-an dan mulai memasuki bisinis rekaman pada awal dekade 60-an.

Buku Perjalanan Panjang Musik Minang Modern tersebut juga memuat berbagai pendapat beberapa seniman, tokoh, dan pengamat musik tentang keberadaan Minang dalam blantika musik Indonesia saat ini.

“Selain itu juga memuat biografi singkat 19 orang musisi yang saya nilai berperan penting dalam perkembangan musik Minang moderen, Diantaranya Asbon Madjid, Nuskan Syarif, Sayarul Tarun Yusuf, Masrul Mamudja, Elly Kasim, Rhian D’Kincai, Zalmon, Ferry Zein, B. Anduska dan Sexri Budiman,” jelas Agus Taher. (Sumber: Rhian)